Jendral Soedirman, Film Kado 70 Tahun RI

Posted on Updated on

Jakarta – Panglima Besar Jenderal Soedirman memimpin perang gerilya menghadapi Agresi Militer Belanda II dan tercatat didunia sebagai perang gerilya paling berhasil. Tak lama setelah Indonesia menyatakan kemerdekaan, Belanda mencoba menguasai Indonesia. Alasannya, dunia tidak mengakui Indonesia sebagai negara. Namun ternyata keliru, Jenderal Soedirman memimpin tim gerilya dan memperlihatkan kepada dunia bahwa TNI ada dan tegak mempertahankan kedaulatan.

Berjuang dalam keadaan sakit parah (paru-paru sebelah kiri terluka) menjadikan semangat Jenderal Soedirman sebagai warisan tak ternilai bagi generasi muda. Jenderal Soedirman dianggap sebagai peletak dasar tentara rakyat, yaitu tentara yang berasal dari rakyat dan berjuang untuk rakyat. Bagi prajurit TNI, semangat perjuangan Jenderal Soedirman ini menjadi dasar pembentukan jiwa korsa dalam menegakan kedaulatan Indonesia.

Terkenal dengan slogan Merdeka 100 %. Jenderal Soedirman menjadi tokoh yang menanamkan banyak nilai hingga saat ini, bukan hanya menjadi pedoman bagi TNI, tapi juga pedoman nasionalisme dan kebangsaan bagi semua rakyat Indonesia.

Bio-picts atau film biografi tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan yang diangkat ke layar lebar secara kolosal, bisa dihitung dengan jari. Padahal film merupakan media yang tepat menyampaikan pesan dan memberikan gambaran. Seperti perjuangan Jenderal Soedirman yang diangkat dalam film. Tidak komprehensif namun kompleks sebagai manusia yang bisa diintepretasi secara kreatif melalui rangkaian gambar bertutur.

Film ini dirilis mengingat animo masyarakat penikmat film sejarah mulai tampak. Disisi lain, profil dan karakter Jenderal yang jujur dan nasionalis hingga akhir hayatnya. Karakter dan nilai-nilai ini dipandang relevan didalam kehidupan berbangsa dan bernegara masa kini. “Film ini di buat karena nilai, sejarah dan semangat Jenderal Soedirman bisa mengispirasi rakyat Indonesia.

“Kehadiran sosoknya dianggap relevan dengan perilaku kebangsaan saat yang sering dinilai kehilangan jati diri” ujar Letjend. TNI (purn) Kiki Syahnarki selaku Executive Produser dari Film ini. Pemeran Jenderal Soedirman dalam film ini adalah Adipati Dolken. Beberapa aktor layar lebar juga turut serta membintangi film ini. Mereka diantaranya Mathias Muchus, Lu, Ibnu Jamil serta Baim wong. (Andih .P)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s