KPP Batam Tangkap 3 Kapal Asing

Posted on Updated on

Sebagian ABK yang diamankan petugas KPP
Sebagian ABK yang diamankan petugas KPP

Batam – Petugas patroli kapal pengawas perikanan menangkap tiga kapal asing yang sedang melakukan illegal fishing diwilayah teritorial perairan Indonesia selain menangkap ketiga kapal milik warga negara Thailand dan Vietnam petugas juga mengamankan barang bukti puluhan ton ikan hasil tangkapan illegal.

Ketiga kapal berukuran besar ini bernama KM Sudita 15 yang memiliki Abk sebanyak 13 orang WNA asal Thailand kemudian kapal KM Seroja dengan 15 orang Abk asal Vietnam dan kapal KM Serasi dengan jumlah Abk sebanyak 15 orang WNA Vietnam.

Kapal – kapal tersebut di duga kuat melakukan penangkapan ikan diwilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia tanpa memiliki dokumen perizinan penangkapan ikan dan penggunaan alat penangkap ikan terlarang dengan trawl.

Dalam aksi illegal fishing tersebut, ketiga kapal asing ini kerap menggunakan modus dengan cara mengganti nama kapal layaknya kapal – kapal yang ada diIndonesia. Selain itu ketiga kapal ini juga menggunakan modus dengan menggunakan bendera Indonesia untuk menghindari kecurigaan petugas patroli saat di laut.

Menurut penjelasan Direktur Jenderal pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan Asep Burhanudin mengatakan akan terus meningkatkan patroli keamanan di wilayah territorial guna menghindari dari aksi illegal fishing yang dilakukan kapal – kapal asing, tentunya dengan mengajak para nelayan Indonesia turut serta membantu dan menginformasikan tindak kriminal pencurian ikan di wilayah teritorial Indonesia.

Selanjutnya kapal dan tersangka dibawa dan dikawal menuju ke satuan kerja PSDKP Batam Kepulauan Riau untuk proses hukum oleh penyidik pegawai negeri sipil perikanan. (Rby)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s