“PANGAN AMAN BERSAMA KELUARGA CERDAS”

Posted on Updated on

*Badan POM Inisiasi Bulan Keamanan Pangan Nasional 2015

Logo BPOMJakarta – Selama tahun 2013, Badan POM telah melakukan pengambilan sampel dan pengujian laboratorium terhadap 24.906 sampel pangan. Hasil pengujian menunjukkan 21.464 sampel memenuhi syarat (MS) dan 3.442 sampel tidak memenuhi syarat (TMS). Sedangkan pada 2014, dari 20.057 sampel pangan, sebanyak 17.375 sampel MS dan 2.682 sampel TMS. Penyalahgunaan formalin dan bahan berbahaya lainnya dalam pangan merupakan salah satu permasalahan keamanan pangan yang menjadi fokus pengawasan Badan POM.

Pentingnya keamanan pangan menjadi perhatian semua pihak termasuk Badan Kesehatan DDunia (WHO) yang menjadikan “Keamanan Pangan” sebagai tema peringatan Hari Kesehatan Sedunia (HKS) 2015. Di Indonesia, “Pilih dan Konsumsi Pangan yang Aman dan Sehat” menjadi tema nasional HKS tahun ini. Pengelolaan Keamanan Pangan dilakukan pada 3 (tiga) pilar yaitu pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat selaku konsumen.

Badan POM menginisiasi program dan kegiatan di bidang keamanan pangan yang berbasis masyarakat. Selain edukasi masyarakat perkotaan, Badan POM juga menginisasi program ke daerah pinggiran atau pedesaan. Program nasional ini disebut Gerakan Keamanan Pangan Desa. Pada tahun 2014, di 290 desa di 31 propinsi, menghasilkan ±2.100 Kader Keamanan Pangan Desa terdiri dari ibu PKK, karangtaruna, guru, tenaga Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) dan District Food Inspector (DFI). Para kader ini telah melakukan kegiatan edukasi keamanan pangan kepada komunitas desa ±24.750 orang. Selanjutnya akan dilaksanakan dari tahun 2015 sampai 2019 di 500 desa. Dari ±4.000 Kader Keamanan Pangan Desa diharapkan dapat mengedukasi komunitas desa sebanyak ±450.000 masyarakat desa.Turut menyukseskan Hari Kesehatan Sedunia tahun ini, Badan POM berpartisipasi aktif sepanjang bulan April 2015 dengan menginisiasi kegiatan Bulan Keamanan Pangan Nasional tahun 2015 dengan tema “Mewujudkan Pangan Aman Hingga Tingkat Perseorangan Melalui Edukasi Keamanan Pangan Berbasis Masyarakat”. Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya keamanan pangan di Indonesia dan mendorong masyarakat/konsumen untuk secara mandiri mampu memastikan bahwa pangan yang akan dikonsumsi aman, bermutu, dan bergizi.

Rangkaian acara Bulan Keamanan Pangan Nasional Badan POM diawali dengan Gebyar Bulan Keamanan Pangan pada hari ini, 9 April 2015 dengan menghadirkan tokoh-tokoh komunitas masyarakat yang akan menjadi perpanjangan tangan dalam edukasi masyarakat. Selanjutnya, dilaksanakan beberapa workshop (workhsop keamanan pangan bersama Indonesian Chef Association, workshop pengembangan kompetensi keamanan pangan, dan workshop pengembangan kebijakan pangan dan jejaring keamanan pangan nasional); pertemaun jejaring (jejaring intelijen pangan, jejaring promosi keamanan pangan, dan jejaring keamanan pangan nasional); forum diskusi peningkatan daya saing UMKM, dan Sustained Training Mission (STM) on Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF); publikasi produk informasi keamanan pangan, permainan seri keamanan pangan dan talkshow bertema “Keamanan Pangan Es Batu”.

Permasalahan keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat selaku konsumen. Masyarakat dalam hal ini harus turut berperan dalam pengawasan dengan menjadi konsumen yang cerdas dan mampu melindungi diri dari produk yang berisiko terhadap kesehatan. Badan POM mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk peduli terhadap keamanan pangan. Keluarga adalah basis terkecil masyarakat yang mempunyai peran strategis untuk internalisasi kesadaran keamanan pangan. (Iman – Humas BPOM)

“AYO JAGA KEAMANAN PANGAN KELUARGA”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s