Sidak Beras Diduga Mengandung Plastik, BPOM Himbau Masyarakat Agar Tidak Khawatir

Posted on Updated on

Sidak beras Cipinang
Sidak beras Cipinang

Jakarta – Hasil uji beras yang diduga mengandung plastik sudah diumumkan. Badan POM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan POLRI telah menguji beberapa sampel beras yang diduga mengandung plastik dan hasilnya negatif tidak mengandung plastik, sehingga masyarakat dihimbau tenang dan tidak khawatir. “Dugaan bahwa beras mengandung plastik tidak terbukti,”  demikian disampaikan Kepala Badan POM, Roy Sparringa saat  sidak di Pasar Induk beras di Cipinang, bersama Menteri Perdagangan dan Kapolri yang didampingi Direktur Food Station Tjipinang, Rabu (27/05/15).

“Pengujian terhadap sampel beras kami lakukan dengan hati-hati mengikuti prosedur baku yang telah ditetapkan. Pengujian dilakukan secara bertahap termasuk proses validasi. Kami menggunakan baku pembanding untuk menguji kesepadanan substansi antara sampel dengan beras pada umumnya. Kami bahkan menguji secara mendalam apakah ada logam berat, karena biasanya bahan plastik mengandung logam berat. Hasilnya menunjukkan batas normal bahkan beberapa logam berat pun tidak terdeteksi,” lanjut Roy.

Menteri Perdagangan juga mengutarakan bahwa pemerintah mengambil keputusan dan tindakan yang diperlukan untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan. Pemerintah memberikan perhatian akan hal ini, khususnya menjelang bulan puasa dan lebaran, serta akan terus bekerja sama dengan kementerian dan instansi terkait untuk melakukan pemantauan dan pengawasan pangan.

Sidak beras Cipinang 1
Sidak beras Cipinang 1

Badan POM juga telah mengintruksikan kepada Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia terus bekerja sama dengan lintas sektor dan dinas-dinas terkait untuk terus memantau perkembangan kasus ini, namun sampai dengan hari ini tidak ada yang melaporkan sampel beras yang mengandung plastik. (Biro Hukmas BPOM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s