Indonesia Resmi Kena Sanksi FIFA

Posted on Updated on

Surat FIFA untuk Indonesia
Surat FIFA untuk Indonesia

Zurich, Swiss – Federasi Sepak bola tertinggi itu mencabut keanggotaan Indonesia dan melarang Indonesia terlibat dalam seluruh kompetisi yang digelar FIFA. Keputusan dikeluarkan FIFA dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) yang digelar di Zurich, Swiss, Sabtu (30/5/2015). Sanksi ini keluar lantaran adanya intervensi yang dilakukan Pemerintah yang membekukan PSSI.

Berikut isi Surat Sanksi FIFA:

22 Mei 2015, FIFA mengingatkan Kementerian terkait surat mereka tertanggal 18 Februari 2015 dan 4 Mei 2015 dan tenggat yang ditetapkan, dan menginformasikan tidak bisa bertemu selama berlangsungnya Kongres FIFA. PSSI memberikan FIFA laporan terakhir tertanggal 29 Mei yang mengonfirmasi Kementerian tidak mencabut tindakan di atas.

Berdasarkan korespondensi dengan FIFA tanggal 4 Mei, persoalan ini dibawa ke Komite Eksekutif FIFA dan dirundingkan dalam rapat pada 30 Mei. Exco FIFA menyimpulkan pihak kementerian (atau badan lainnya) telah ikut menganggu aktivitas PSSI yakni dalam kategori pelanggaran serius sesuai Pasal 13 dan 17 Statuta FIFA. Dengan begitu, kami memberitahukan Anda bahwa Exco FIFA memutuskan, sesuai dengan Pasal 14 ayat 1 dari Statuta FIFA, bahwa :

Sanksi bagi PSSI langsung berlaku dan untuk waktu yang tidak ditentukan sampai PSSI bisa mematuhi peraturan Pasal 13 dan 17 Statuta FIFA. Hukuman untuk PSSI baru bisa dicabut bila:

  1. Exco PSSI terpilih bisa menyelesaikan permasalahan mereka secara independen tanpa pengaruh dari pihak ketiga, termasuk Kementerian (atau badan lainnya).
  2. Tanggung jawab untuk Tim Nasional indonesia dikembalikan kepada PSSI
  3. Tanggung jawab seluruh kompetisi dikembalikan kepada PSSI atau klub yang berada di bawahnya
  4. Semua klub yang memiliki lisensi sesuai regulasi lisensi klub PSSI bisa bermain di seluruh kompetisi di bawah PSSI.

Selama disanksi, PSSI kehilangan hak keanggotaan (c.f Pasal 12 ayat 1 Statuta FIFA) dan seluruh wakil asal Indonesia (timnas maupun klub) dilarang melakukan hubungan internasional, termasuk terlibat di kompetisi FIFA dan AFC (c.f khususnya Pasal 14 ayat 3 dari Statuta FIFA).

Sanksi kepada PSSI juga membuat setiap anggota mereka dan ofisial tidak bisa mendapatkan keuntungan apapun dari program pengembangan FIFA dan AFC, kursus, atau latihan selama dijatuhi sanksi.

Terakhir, Exco FIFA mengetahui timnas Indonesia sedang ambil bagian di SEA Games 2015 di Singapura. Dengan sebuah pengecualian dan tidak sama dengan sanksi, Exco FIFA memutuskan timnas Indonesia bisa berpartisipasi di SEA Games hingga partisipasi mereka selesai. (Liputan6.com)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s