Presiden RI Ir.Joko Widodo Resmikan PT.SMI

Posted on

Presiden dan Menperin Resmikan Semelter Nikel
Presiden dan Menperin Resmikan Semelter Nikel

Morowali, Sulawesi Tengah – Presiden RI Ir.Joko Widodo baru saja meresmikan Pabri Nikel milik PT.SMI (Sulawesi Maining Infesment) dan berlangsung diareal halaman Pabrik Nikel PT.SMI Desa Fatofia Kecamatan Bahodopi Kabupatan Morowali .Jum’at (29/5).

Dalam kunjunganya Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin dan beberapa Menetri lainnya, Gubernur Sulawesi Tengah Drs.H.Longki Janggola, Pimpinan PT.SMI Halim Mina, Pangdam VII Wirabuana Mayor Jendral Bachtair, Kapolda Sulteng Brijgjen Idham, Bupati Morowali Drs.Anwar Hafid,M.Si ,Dandim 1311 Letkol Richad, Kapolres Morowali AKBP.Edwan Syaiful,SIK, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Morowali H.Silahudin Karim,S.Sos, beberapa pejabat di jajaran Pemerintah Daerah serta hadiri para undangan.

Pimpinan PT.SMI Halim Mina dalam laporanya mengatakan bahwa pembangunan Industri join dari PT.BDM dengan PT.Bitang Grup di Tiongkok. Selanjutnya tujuan dari di bangunnya industri ini adalah untuk mengurangi kemiskinan dan menambah nilai tambah ebesar 4 Trilyun per tahun. Pembagunan Pabrik dapat menghasilkan 300 ribu ton per tahun, dengan mengunakan tenaga Listrik 2×650 Mega Watt dan akan mendapatkan nilai investasi sebesar 630 juta U$.

Selanjutnya untuk tahap kedua pembangunan Pabrik Nikel dapat menghasilkan 600 ribu ton per tahun, dengan mengunakan Listrik 300 Mega Watt dan akan menghasilkan nilai investasi 1 Milyar 4 Juta U$ yang akan direncanakan pada bulan Desember 2015 selesai dibangun .

Kemudian untuk tahap ketiganya dari 3000 ribu ton per tahun dengan menggunakan Listrik 300 Mega Watt dapat menghasilkan nilai investasi sebesar 8,20 juta U$ yang akan diselesaikan ahkir tahun 2017 pembangunan pabriknya.

Dan kedepanya juga akan kita bangun kawasan Industri, Pembangunan Politeknik Industri di areal yang kita sudah sediakan dengan harapan kedepanya lokasi tersebut bisa menjadi Kota Modern. Untuk itu kami harapkan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali sehingga rencana ini dapat berjalan lancar dan sukses. urainya.

Wartawan Target Buser Biro Morowali Supriyono mendapat kesempatan untuk bertanya kepada Presiden Joko Widodo terkait kunjungannya di PT.SMI, Menurut Presiden diharapkan dengan di resmikan Pabrik Nikel ini dapat meningkatkan nilai tambah dan kedepan semuanya harus di jadikan dalam bentuk setengah jadi atau barang jadi untuk diEkspor tidak boleh lagi dalam bentuk mentah.

Kita juga ingin melihat langsung situasi yang ada di PT.SMI sudah sejauh mana perkembanganya , tadi juga disampaikan oleh Bupati Morowali agar Bandara Umbele ditambah 500 meter dan tahun depan bisa selesai.

Kemudian hal-hal yang berkaitan dengan Investasi PT.SMI agar memperhatikan lingkungan daerahnya diperioritaskan, yang sudah diambil Nikelnya segera direklamasi kembali dan tadi sudah kita lihat sendiri sudah dilakukan, sehingga nilai tambah harus ditingkatkan terus.

Lanjut mengenai Coklat yang dipertayakan oleh Gubenur, untuk masalah Coklat yang ada di Sulteng kedepan harus ditingkatkan lagi, Pohon Coklat harus diremajakan agar nilai produksi bisa bertambah sehingga petani Coklat dapat sejahtera. “Untuk produksi coklat kita nomor 3 di dunia dan target kedepan 5-6 tahun harus menjadi nomor 1 di dunia”. terang Presiden. (Pri)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s