Pelopor Pembangunan Pelabuhan Laut di Kabupaten Poso

Posted on

Kondisi Pelabuhan yang sepi
Kondisi Pelabuhan yang sepi

Poso – Sejak tragedi kemanusian menimpa tanah Situwu Maroso hampir semua lini kehidupan ekonomi masyarakat pada waktu yang lalu lumpuh total. Dari semua tempat aktivitas masyarakat Buru mencari kehidupan, Pelabuhan bongkar muat adalah salah satunya, dan sampai saat ini aktivitas bongkar muat kapal barang sangat jarang terjadi didermaga Poso, ungkap salah seorang warga Buru, Lukman kepada Target

Tuturnya lagi, “untuk saat ini yang beraktivitas, baru kapal namanya kapal KM. Sagiang yang merupakan kapal angkut penumpang jurusan Kabupaten Poso, Gorontalo, Manado dan wilayah Ambon, itupun hanya sebulan sekali kadang lebih dari satu bulan baru datang lagi.”

Sedangkan untuk kapal laut angkut barang, sangat jarang datang, padahal itu paling penting, karena kapal angkut barang menjadi sumber pendapatan masyarakat yang bermukim di dekat wilayah pelabuhan. Dengan fasilitas pelabuhan yang saat ini sudah cukup memadai dan terus dilakukan penambahan serta perluasan pelabuhan melalui anggaran APBN pemerintah pusat setiap tahunnya, menjadikan pelabuhan ini layak untuk melabuhkan kapal-kapal sesering mungkin.

Bapak
Bapak M Mualing (Kepala Kantor Kementerian Pelabuhan Laut Poso)

Ditambahkan olehnya, “kami sudah berusaha untuk berupaya minta dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso namun hanya sebatas dijanjikan untuk mendatangkan kapal barang yang berlabuh di pelabuhan Poso. Sudah berganti-ganti kepala pelabuhan laut tidak pernah terealisasi malah lebih banyak memikirkan keuntungan proyek.”

Setelah masuknya Kepala Kantor Kementerian Pelabuhan Laut Poso Bapak M.Mualing, yang baru bertugas selama lima bulan ini, berhasil membuat terobosan-terobosan agar kapal laut angkut barang masuk pelabuhan Poso.

Bukan itu saja hasil-hasil terobosannya, didalam internal kantornya-pun terus dilakukan perbaikan dokumen-dokumen administrasi yang masih kurang dan membenahi segala alat pendukung lainya di wilayah pelabuhan itu sendiri.

Menurut salah seorang warga yang bernama Paman, yang sudah puluhan tahun berjualan makanan dan Sembako didepan pelabuhan menuturkan, “saya sangat bersukur dengan adanya kepala kantor pelabuhan yang begitu gigih berusaha untuk membuka kembali lapangan pekerjaan bagi masyarakat Buru yang sekian lama tidak punya lapangan kerja”.

Ungkapnya lagi, “dari sekian banyak pejabat di negeri ini, sangat jarang yang memiliki jiwa membangun seperti kepala pelabuhan yang sekarang ini Bapak M.Mualing, seharusnya pejabat yang seperti ini yang harus di jadikan contoh bagi pejabat lainya, untuk memacu kinerj yang lebih baik untuk perkembangan didaerahnya tersebut”. (Arsyad)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s