Prosesi Tembungan (Lamaran) Putra Jokowi Berjalan Lancar

Posted on

Lamaran Putra Jokowi
Lamaran Putra Jokowi

Solo – Iring-iringan keluarga Gibran mulai datang ke kediaman Selvi Ananda di kawasan Sumber, Solo untuk acara “Tembungan” atau dikenal sebagai lamaran sekitar pukul 19.00. Rombongan ini dipimpin oleh paman Jokowi, Setiawan Prasetyo, yang berjalan paling depan. Di belakangnya, Gibran diapit Jokowi dan Iriana. Pada baris berikutnya, tampak kedua adik Gibran, yaitu Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu.

Jokowi, Gibran, dan Kaesang kompak mengenakan batik warna coklat. Sementara itu, Iriana dan putrinya Kahiyang Ayu mengenakan baju panjang kebaya berwarna biru.

Selain keluarga inti, Gibran juga didampingi oleh keluarga besar lain yang berjumlah sekitar 50 orang. Tidak ada seragam khusus yang dikenakan keluarga karena warnanya pun berbeda-beda. Namun, yang menarik dari momen kedatangan keluarga besar Gibran ini, adalah kali pertama Jokowi dan Iriana mengantarkan anaknya menuju tahap pernikahan. Oleh karena itu, momen ini tentu menjadi peristiwa penting bagi keluarga.

Iriana terlihat tak lepas memegang terus lengan putranya hingga pintu masuk rumah Selvi. Di sana, keluarga inti, bersama paman Jokowi yang menjadi juru bicara keluarga, masuk ke dalam rumah calon mempelai wanita untuk mengutarakan niatnya. Mereka akan menanyakan kesediaan Selvi untuk dipinang Gibran. Selanjutnya, Selvi akan menjawab pinangan itu.

Iring iringan Keluarga Besar Jokowi saat prosesi lamaran putranya
Iring iringan Keluarga Besar Jokowi saat prosesi lamaran putranya

Presiden Joko Widodo bersyukur karena lamaran putra pertamanya, Gibran Rakabuming Raka, diterima oleh keluarga Selvi Ananda. “Alhamdulillah, baik semuanya, lancar,” katanya saat meninggalkan lokasi lamaran di Solo, Selasa (9/6) malam.

Prosesi lamaran atau “tembungan” berlangsung 45 menit di rumah kontrakan orang tua Selvi yang berada di Jalan Kutai Gang VII Nomor 1 Sumber, Solo. Presiden bersama rombongan meninggalkan rumah Selvi pukul 19.45 WIB untuk berjalan kaki ke kediaman pribadinya yang berada sekitar 200 meter dari lokasi lamaran dan hanya bersebelahan RT.

Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo, yang mengenakan kebaya warna merah muda juga mengungkapkan kelegaan atas prosesi lamaran tersebut. “Alhamdulillah, lancar banget,” katanya.

Sebelumnya pada sore hari sekalipun diguyur hujan, beberapa anggota Paspampres menyisir di sekitar rumah orangtua Selvi di Jalan Kutai Raya, Sumber, Solo, Jawa Tengah.‎ Paspampres juga menyisir rumah-rumah yang jaraknya berdekatan dengan rumah orangtua calon mempelai wanita.

Hal ini berkaitan dengan tugas Paspampres dalam melakukan pengamanan jarak dekat Jokowi selaku Presiden. Apalagi Jokowi sebagai ayah Gibran ikut menyambangi kediaman orangtua Selvi untuk menembung Putri Solo tersebut sebelum lamaran secara resmi dihelat.

Akad dan resepsi pernikahan antara putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda akan digelar pada 11 Juni 2015 di Graha Saba Buana, Sumber, Solo, Jawa Tengah. Prosesi jelang akad dan resepsi pernikahan dilakukan 9-10 Juni, seperti siraman, midodareni hingga puncak acara atau resepsi. (Rizki A)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s