Penjelasan Setya Novanto Soal Pencatutan Nama Presiden

Posted on Updated on

Ketua DPR Setya Novanto
Ketua DPR Setya Novanto

Jakarta – Ketua DPR Setya Novanto dilaporkan oleh Menteri ESDM Sudirman Said ke MKD DPR terkait dugaan pencatutan nama Presiden untuk meminta saham ke Freeport. Novanto mengakui pernah bertemu dengan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, namun membantah mencatut nama presiden.

Novanto buka-bukaan soal pertemuannya dengan Freeport yang berlangsung beberapa kali. Pertemuan itu disebut merupakan inisiatif Freeport. Ada dua pertemuan yang dijelaskan oleh Novanto. Yang pertama pada tanggal 27 April 2015 serta ada pula tanggal 8 Juni 2015. Dalam pertemuan itu ada permintaan dukungan terkait perpanjangan izin pertambangan Freeport.Novanto juga membuka tabir soal pengusaha berinisial R yang ikut dalam pertemuan. Pengusaha itu adalah Reza Chalid yang memang diajak Novanto ikut serta.

Politikus Golkar ini menegaskan bahwa dia selalu berhati-hati dalam bertindak. Dia sadar posisinya sebagai pimpinan lembaga negara dan bahwa dia harus menjaga marwah DPR. Novanto juga menjawab soal desakan sejumlah anggota DPR agar dia mundur dari jabatannya.

Dari sisi saya, Alhamdulillah saya tidak berbuat apa yang disampaikan oleh media-media yang menyudutkan saya. Mudah-mudahan mereka bisa memahami mana yang benar mana yang tidak.

Saya nyatakan bahwa saya tidak pernah mencatut nama presiden dan wakil presiden. Tapi saya pastikan bahwa saya bicarakan masalah ini dengan presiden di mana presiden juga menjelaskan bahwa apapun yang menyangkut Freeport harus sesuai dengan undang-undang dan digunakan untuk kepentingan bangsa dan khususnya masyarakat Papua

Novanto juga menyinggung tentang adanya Foreign Corruption Practice Act (FCPA), hukum federal di Amerika Serikat. Menurutnya pula, urusan saham di Amerika Serikat merupakan urusan tingkat tinggi sehingga dia tidak mungkin meminta saham. (Maksum)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s