Kapal Ro-Ro Tenggelam di Teluk Lamong Diduga Tabrak Karang

Posted on Updated on

KM Wihan Sejahtera Yang Tenggelam di Teluk Lamong
KM Wihan Sejahtera Yang Tenggelam di Teluk Lamong

Surabaya – Sebuah kapal Roll On-Roll Off (RoRo), KM Wihan Sejahtera, tenggelam di perairan dekat Terminal Teluk Lamong, kawasan Tanjung Perak, Surabaya, Senin pagi 1 November 2015. Kapal yang mengangkut barang dan sekitar 100 penumpang tersebut hendak bertolak dari Surabaya menuju Labuhan Bajo, Ende, Nusa Tenggara Timur.

Kapal terpantau miring sekitar pukul 09.00 saat memasuki dermaga PT Wilmar di Gresik. “Memasuki Wilmar, Gresik, kapal itu miring. Kami masih menyelidiki penyebabnya,” kata Juru bicara PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 3, Edi Priyanto, Senin 16 November 2015.

Edi mengungkapkan, terdapat beberapa kemungkinan. “Kami menyelidiki, kemungkinan karena bocor atau berat kapal yang mungkin tidak berimbang karena itu kapal roro,” ujar Edi.Pengaturan truk dalam kapal antara muatan sisi kiri dan kanan kata Edi, bisa menyebabkan ketidak-seimbangan. Sehingga lama-kelamaan menyebabkan kapal tenggelam.

Namun, seorang penumpang bernama Bakri, mengungkap dugaan kapal menabrak karang sebelum akhirnya kapal itu tenggelam. Dia menuturkan, kapal itu berangkat sekitar Pukul 09.00 dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Selanjutnya, sekitar pukul 10.00, kapal itu berhenti dan para penumpang merasakan benturan yang mengenai lunas kapal.

“Benturan itu keras, seperti menabrak batu karang,” kata Bakri sambil berbaring di rumah sakit PHC Surabaya, Senin, 16 November 2015.

Setelah terasa menabrak batu karang, kapal itu langsung miring ke kiri karena bagian kapal ada yang bocor, kemudian perlahan kapal itu tenggelam, dan para penumpang pun panik dan berebut baju pelampung. “Bagi penumpang yang sudah mendapatkan baju pelampung langsung loncat ke laut,” kata dia.

Namun, banyak pula yang tidak kebagian baju pelampung karena persediaan baju itu tidak terlalu banyak. Untungnya, tak lama kemudian polisi dari Direktorat Polisi Air Kepolisian Daerah Jawa Timur datang untuk mengevakuasi para penumpang yang sudah berhamburan ke laut itu. “Saya salut pada Ditpolair karena kami sangat cepat dievakuasi,” ujarnya. (M Fauzi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s