Dalang Utama Teror Paris Dikabarkan Tewas

Posted on Updated on

Paris – Kepastian mengenai nasib dalang utama serangan teror Paris, Abdelhamid Abaaoud, masih simpang siur. Ada yang menyebutnya tewas dalam penggerebekan di Saint-Denis, namun otoritas Prancis mengaku belum tahu pasti apakah Abaaoud benar tewas.

Apartemen Tempat Dalang Teror di Paris Digerebek
Apartemen Tempat Dalang Teror di Paris Digerebek

Dilaporkan media Amerika Serikat, The Washington Post, yang mengutip dua pejabat senior Eropa yang memahami penyelidikan, bahwa Abaaoud dipastikan tewas dalam penggerebekan pada Rabu (18/11) waktu setempat.

Kedua pejabat Eropa yang berasal dari dua negara berbeda ini memahami dan mengikuti perkembangan penyelidikan tragedi berdarah Paris secara erat. Keduanya kompak mengaku menerima informasi soal kabar kematian Abaaoud dari otoritas Prancis. Keduanya enggan menyebut identitas mereka untuk membahas persoalan intelijen semacam ini.Laporan sejumlah media menyebut, ada dua orang yang tewas dalam penggerebekan itu. Salah satunya seorang wanita yang meledakkan diri ketika polisi datang menggerebek apartemen di kawasan Saint-Denis. Media Prancis mengidentifikasinya sebagai Hasna Aitboulahcen (26), sepupu Abaaoud.

Ratusan Polisi Dikerahkan Dalam Penggerebekan
Ratusan Polisi Dikerahkan Dalam Penggerebekan

Kedua pejabat yang dikutip The Washington Post tidak menyebut secara pasti bagaimana Abaaoud tewas, apakah tewas dalam baku tembak, atau tewas bunuh diri atau tewas karena ledakan bunuh diri yang dilakukan sepupunya di dalam apartemen yang digerebek.

Secara terpisah, jaksa Paris, Francois Molins, menuturkan pihaknya belum bisa memastikan identitas orang-orang yang tewas dalam penggerebekan itu. Seorang pejabat keamanan Prancis juga menolak berkomentar saat ditanyai apakah benar Abaaoud tewas dalam penggerebekan itu.

Jaksa Molins menyatakan, pihaknya masih harus melakukan identifikasi terhadap jasad-jasad yang ditemukan di lokasi penggerebekan untuk mencari tahu identitas mereka. Menurutnya, proses identifikasi ini akan memakan waktu lebih lama dari seharusnya karena kondisi jasad yang tidak utuh.

Beberapa media Prancis melaporkan bahwa nasib Abaaoud tidak diketahui pasti usai penggerebekan digelar polisi setempat di kompleks apartemen kawasan Saint-Denis, yang diyakini menjadi tempat bersembunyi Abaaoud dan komplotannya.

Jaksa Molins hanya memastikan bahwa ada tujuh pria dan satu wanita yang ditangkap dalam penggerebekan di apartemen Saint-Denis dan beberapa lokasi lainnya, pada Rabu (18/11). Dia menyatakan, Abaaoud dan Salah Abdeslam, tersangka lain yang diburu polisi, tidak termasuk dalam orang-orang yang telah ditangkap. (Rizki)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s