Masa Penahanan Diperpanjang, Pihak Sri Bintang Pamungkas Akan Bawa Kasus KeLembaga Internasional

Posted on

Jakarta – Masa penahanan tersangka kasus dugaan makar, Sri Bintang Pamungkas, akan diperpanjang. Kepastian ini disampaikan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan setelah masa penahanannya memasuki hari ke-21. “Pasti diperpanjang,” ujarnya.

Kapolda Metro Jaya
Kapolda Metro Jaya

Iriawan menuturkan perpanjangan masa penahanan itu dilakukan karena pemberkasan perkara Sri Bintang belum selesai. Terkait kabar adanya penolakan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari Sri Bintang, Iriawan mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan. Dia yakin penyidik memiliki bukti yang cukup.

Selain itu, Iriwan melanjutkan, ada pula keterangan saksi yang dimiliki sebagai bukti. Sejumlah saksi pun telah diperiksa polisi terkait kasus ini. Beberapa di antaranya adalah Buni Yani dan Ahmad Dhani.

“Ada BAP-nya. Kalau enggak mau BAP enggak usah BAP, kami punya keterangan saksi lain, cukup. Keterangan tersangka itu gak penting, kami sudah ada lima alat bukti, cukup keterangan saksi kemudian ada surat di sana, keterangan ahli. Dua saja cukup,” kata Iriawan.

Iriawan menambahkan, dua tersangka yang terkait perkara pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, yaitu Jamran dan Rizal, juga diperpanjang masa penahanannya.

Sri Bintang Pamungkas
Sri Bintang Pamungkas

Saat ditanyai mengenai pernyataan pihak Sri Bintang Pamungkas yang berencana membawa perkara tuduhan makar terhadapnya ke lembaga Internasional. Iriawan mengatakan pihaknya siap bertanggung jawab atas segala proses terkait dengan perkara dugaan makar yang menjerat Sri Bintang.

“Itu hak beliau, dan ke mana saja kami siap mempertanggung jawabkannya,” kata Iriawan, Jumat, 23 Desember 2016.

Sri Bintang ditangkap bersama sejumlah aktivis lain pada 2 Desember 2016, sebelum berlangsung Aksi Bela Islam II di Monumen Nasional. Namun hanya Sri Bintang yang ditahan. Sejauh ini, penyidik Polda Metro Jaya telah menahan Sri Bintang selama 20 hari atau sejak 3 Desember 2016. Penyidik telah mengajukan permohonan perpanjangan masa penahanan Sri Bintang selama 40 hari kepada kejaksaan.

Penyidik Polda telah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus ini. Beberapa saksi, di antaranya, adalah Buni Yani dan Ahmad Dhani. (red)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s