Polisi Tangkap Bos Koperasi Pandawa Group

Posted on Updated on

Jakarta – Polisi berhasil menangkap Ketua Koperasi Simpan Pinjam Pandawa Mandiri Group, Salman Nuryanto, Senin (20/2) dini hari.

Salman Nuriyanto Bos Pandawa Group

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan hal tersebut. Meski demikian, Argo belum dapat memberikan keterangan lebih lengkap.

“Mengenai ditangkapnya Ketua KSP Pandawa benar, namun belum bisa saya jelaskan lebih lengkap,” ujar Argo.

Pada 10 Februari lalu, Salman telah Ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidaina pencucian uang atas investasi bodong Pandawa Mandiri Group.

Salman juga telah masuk dalam daftar pencarian orang karena tidak memenuhi dua panggilan yang dilayangkan oleh Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Salman yang awalnya dilaporkan dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan atau Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan, kini dijerat dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Polisi telah menerima sedikitnya 15 laporan terkait investasi bodong Pandawa Mandiri Group. Penyelidik telah memeriksa 11 saksi yang terdiri dari delapan saksi pelapor, seorang saksi ahli dari Kementerian Perdagangan, serta dua saksi fakta dari Kementerian Koperasi dan UKM serta Otoritas Jasa Keuangan.

Perhitungan sementara penyelidik, penipuan Salman menyebabkan kerugian korban yang bernilai hingga sekitar Rp1,105 triliun. Sejauh ini polisi telah menyita sejumlah barang bukti, antara lain bukti transfer, sertifikat nasabah dan brosur produk Pandawa Mandiri Group.

Oktober lalu, Otoritas Jasa Keuangan meminta KSP Pandawa Mandiri Group berhenti beroperasi. Alasannya, pemberian bunga 10 persen kepada investor yang dilakukan badan usaha itu tak sesuai izin yang mereka dapatkan. (Red)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s